SELAMAT DATANG

Senin, Oktober 18, 2010

Sekilas Universitas Gunadarma

Selain Budi atau akhlak, manusia masih memerlukan sejumlah hajat untuk dapat hidup layak didunia ini. tanpa mengurangi perhatian kita kepada kepentingan berbagi hajat lainya didalam hidup ini, disini kita mencoba melihat satu saja diberbagai hajat hidup itu. kita melihat hajat hidup yang berbentuk pendidikan. dan kita mencatat pula sebagai hal yang mempengaruhi pendidikan beserta standar didalam pendidikan itu.

Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1981, mereka membka pedidikan Komputer dengan nama Program Pendidikan Ilmu Kompuer (PPIK), melalui yayasan pengembangan sistem Analisis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan itu berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI).

Pada hari Kamis, tanggal 21 Juni 1984, nama Gunadarma dipilih untuk menjadikan nama dari selokah tinggi itu. pada hari Senin, tanggal 19 Juli 1984, yayasan pengembangan Sisten Analis dan Operation Research Metematika diganti menjadi yayasan pendidikan Gunadarma. sehari kemudian, pada hari Selasa,tanggal 10 Juli 1984, melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan kedalam sekolah tinggi itu menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). bersama itu, sejak tanggal 7 Agustus 1981 melewati tonggak tanggal 21 Juni 1984, tanggal 9 Juli 1984, serta tanggal 10 Juli 1984, satu kurun sejarah telah mengantar pendidikan Komputer pada Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma ke kurun sejarah berikutnya. 
STKG ini berkembang di berbagai dimensi serta bersama itu, kita melihat perkembangan itu dari dimensi kedimensi.

Dimensi Pertama adalah Dimensi Program pendidikan ini. sekolah tinggi itu dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajeman Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma). bersamaan dengan itu, STKG berubah menjadi STMIK Gunadarma secara lebih rinci lagi, didalam status Terdaftarnya itu, Gunadarma dapat mengasuh dua Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Satu (S1).
Bersama status itu Sekolah Tinggi ini mengasuh dua jurusan yakni jurusan Manajemen Informatika (MI) dan jurusan Tekhik Komputer (TK). Disamping itu bidang Manajemen Informatika, Tekhik Komputer dan Tekhik Informatika Gunadarma juga melangkah ke bidang lain, Pada hari sabtu tanggal, 13 januari 1990 Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE Gunadarma). didalam STIE Gunadarma terdapat dua jurusan yaitu jurusan Manajemen dan Akutansi.

Dimensi kedua adalah dimensi prasarana dan sarana. Lokasi pendidikan mengalami kemajuan, kalau pada saat awal lokasi pendidikan hanya terdapat dikampus jalan Kenari, maka pada waktu kemudian lokasi bertambah dengan kampus Kramat Sentiong dan kampus Salemba.
Pada hari sabtu, tanggal 9 maret 1985 Gunadarma meresmikan kampus Pondok Cina, selain Pondok Cina Gunadarma telah memiliki memiliki beberapa kampus yaitu kampus Kenari, Kramat Sentiong, Pondok Cina, dan kampus Salemba. Pada bulan Januari 1991 Gunadarma pemperoleh tanah di Kelapa dua yang terletak di jalan akses UI. 

Dimensi ketiga adalah kegiatan diluar kurikulum.
Selah menijau perkembangan pada beberapa dimensi ini, Gunadarma adalah nama Arsitek tenar yg membangun Candi Borobudur, yakni suatu monumen besar sepanjang sejarah kita. Didalam dua wadah yang berupa LG dan PG, tiga serangkaian Laboratorium, Pustaka dan Jurnal Ilmiah di Gunadarama ini merupakan satu kesatuan untuk mewujudkan Sumbangsih Gunadarma didalam bentuk Guna dan Darma. Didalam rangkaian inilah, tiga serangkai itu mencoba untuk menyusun sejumlah kegiatan yang dapat mencerminkan cita-cita Gunadarma.

Sejak tanggal 17 November 1997, Badan Akreditasi Nasional (BAN) menyatakan 5 program studi pada Strata sebagai Terakreditasi. Yaitu Akutansi, Manajemen, Manajemen Informatika, Teknik Komputer dan Tekhik Informatika memperoleh tingkat A.
Gunadarama yang di mulai dari bentuk sekolah tinggi dan menanjak menjadi universitas, kini sampai ketaraf universitas penuh dengan lulusan peserta didik dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

ARTI DAN LAMBANG UNIVERSITAS GUNADARMA

Tangkai Obor Berdiri Tegak 
Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa

Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkan kepada masyarakat 

Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu 
Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila.


Visi, Misi dan Tujuan Universitas Gunadarma

Visi
“Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia”.
Misi
“Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran  masyarakat,menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas,professional,kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan akan dating,memainkan peranan penting dalamilmu yang berbasis teknologi Informasi dan pengembangan Teknologi,memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan ,pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi Teknologi Informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia”.
Tujuan
“Menjadikan program studi yang ada sebagai program pendidiksn unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar